Liburan Seru Rafting Magelang

Orang yang sudah pernah rafting pasti rasanya akan ketagihan untuk melakukannya lagi. Hal tersebut wajar karena memang rafting adalah salah satu olahraga air yang menyenangkan, seru, dan bisa membuahkan pengalaman yang tak terlupakan.

Karena membuat ketagihan, pastinya orang-orang yang belum pernah pun harus mencobanya. Terkadang orang yang belum pernah mencoba rafting akan berpikir bahwa rafting ini adalah olahraga yang berbahaya. Padahal tak selamanya pernyataan tersebut benar. Sungai yang digunakan untuk rafting diklasifikasikan menjadi kelas atau tingkatan berdasarkan tingkat kesulitan medannya.

Tetap ada sungai di Indonesia yang sungainya khusus untuk rafting bagi pemula. Salah satu sungai rafting Magelang tersebut adalah sungai Elo. Rafting Magelang di Sungai Elo adalah salah satu destinasi terbaik untuk liburan kali ini yang durasinya cukup lama. Tak hanya saat berliburan saja, kamu dan teman-teman atau keluarga tetap bisa melakukan rafting Magelang pada akhir pekan.
BACA JUGA : Rafting Jogja
Tak hanya Sungai Elo saja yang biasa digunakan untuk rafting Magelang, ada Sungai Progo yang masih diklasifikasikan lagi menjadi tiga jenis antara lain Sungai Progo Atas, Sungai Progo Bawah, dan Sungai Progo Hulu. Namun demikian, hanya Sungai Elo lah yang paling cocok untuk pemula.


rafting magelang

Kamu yang sudah berpengalaman rafting pun tidak ada salahnya mencoba rafting Magelang, tepatnya di Sungai Progo. Sungai Progo adalah sungai sepanjang 14 kilometer yang bersumber dari Gunung Sindoro. Untuk rafting sendiri, seperti yang sebelumnya telah dibahas, yaitu bertempat di tiga titik antara lain Sungai Progo Atas, Sungai Progo Bawah, dan Sungai Progo Hulu.

Jadi, bagi kamu yang sudah mencoba salah satunya, kami sarankan untuk mencoba bagian lainnya. Alasannya adalah pengalaman yang didapatkan jelas berbeda antara Sungai Progo satu dengan Sungai Progo lainnya, sehingga kamu tidak akan menyesal mengeluarkan biaya untuk rafting.

Untuk melakukan rafting, kamu bisa memilih waktu yang dirasa nyaman. Biasanya provider wisata akan menyediakan jam-jam tersendiri untuk melakukan rafting, namun umumnya waktu yang disediakan antara lain pagi sekitar jam 8, siang sekitar jam 1, sore sekitar jam tiga, bahkan ada yang menyediakan rafting khusus untuk malam hari.

Sekali lagi, sungai yang cocok untuk pemula adalah Sungai Elo. Jika masih pemula namun ingin pengalaman yang berbeda maka Sungai Progo Atas bisa menjadi pilihannya. Sungai Progo Atas dan Sungai Progo Hulu memiliki medan yang ekstrim dan cocok untuk pemula.

Durasi dari rafting di Sungai Progo Hulu itu sendiri diperkirakan selesai selama tiga setengah jam hingga empat jam. Untuk raftif di Sungai Progo Bawah diperkirakan berakhir pada empat setengah hingga lima jam. Padahal, jika kamu mencoba rafting di Sungai Elo kamu hanya butuh dua setengah hingga tiga jam saja untuk menempuh titik finish. Sama seperti, rafting di Sungai Progo Atas, jaraknya 11 kilometer saja dan diperkirakan usai selama dua setengah hingga tiga jam saja.

Karena jarak tempuh dan durasinya berbeda, maka provider wisata biasa mengklasifikasikannya menjadi paket half day trip dan one day trip. Half day trip untuk rafting di Sungai Elo dan Sungai Progo Atas. Sedangkan long day trip untuk Sungai Progo Bawah dan Sungai Progo Hulu.

Titik awal dan titik akhir di setiap tempat rafting itu pun berbeda-beda. Rafting Sungai Elo dimulai dari Desa Pare Ngisor dan berakhir di Desa Mendut Mungkid, rafting Sungai Progo Atas dimulai dari Perumahan Tok Songo Magelang dan berakhir di Jembatan Tempuran.

Desa Kandangan Temanggung adalah titik mulai dari rafting Sungai Progo Hulu yang berakhir di Pasar Kranggan. Sedangkan rafting di Sungai Progo Bawah dimulai di Desa Klangon Magelang dan berakhir di Desa Dekso Kulonprogo.

Jika anda berminat untuk mencoba liburan ini silahkan kunjungi Paket Rafting Magelang atau hubungi WA 0821-3588-0605


BACA JUGA : Rafting Sungai Elo

Comments